Download RPP dan Silabus Kurikulum 2013

  RPP

Kurikulum 2013

Kurikulum 2013 yang telah dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia akan dilaksanakan secara bertahab. Untuk itu perlu adanya persiapan matang dari semua yang terlibat dalam proses pembelajaran di sekolah. Dengan adanya persiapan yang matang diharapkan pelaksanaan Kurikulum 2013 berjalan sesui dengan harapan. Sehingga peubahan kurikulum ini berdampak positif bagi dunia pendidikan di Indonesia, tidak hanya sekedar tradisi yang sama sekali tidak bermanfaat. 
Seperti kita ketahui di dunia pendidikan Indonesia sudah berulang kali tenjadi perubahan kurikulum, tetapi secara nyata dampak kemanfaatan bagi dunia pendidikan kita belum terasa.
Salah satunya adalah dari pihak guru sebagai sentral dari proses belajar mengajar. Semua guru diharapkan mempelajari dan memahami semua yang berkaitan dengan pelaksanaan Kurikulum 2013 ini.

Kesiapan Administratif

Salah satu yang dianggap penting adalah kesiapan administrasi guru dalam pembelajaran, antara lain adanya RPP ( Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ) dan Silabus dari tiap - tiap mata pelajaran yang diajarkan.Dengan adanya RPP dan Silabus yang lengkap maka diharapkan proses pembelajaran yang berlagsung lebih bermakna, dan semua tujuan pembelajaran bisa tercapai dengan baik secara sistimatik.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah rencana yang menggambarkan prosedur atau pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai 1 ( satu ) kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam silabus.
Dalam sejarah pendidikan di Indonesia sudah silih berganti kurikulum yang diberlakukan. Ini berakibat dengan adanya perubahan yang mendasar dari skema maupun bentuk dari RPP ( Rencana pelaksanaan Pembelajaran ) dan Silabus disesuaikan dengan apa yang menjadi acuan pokok pada kurikulum.

Fungsi dari RPP dan Silabus 

Fungsi dari RPP dan Silabus adalah sebagai pegangan dari guru yang merupakan persiapan awal sebelum materi pembelajaran disampaikan kepada peserta didik. Sehinnga proses pembelajaran yang berlangsung tidak keluar dari koridor yang ada, dan semua bisa terselesaikan dengan baik sesuai acua juga waktu yang diberlakukan.
Berikut adalah contoh  RPP dan Silabus Kurikulum 2013.


4 Coment:

  1. minta ijinya untuk download.....

    BalasHapus
  2. Yang kelas lain mana......

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang lain lom ada arsipnya....tunggu nanti kalodah ada...

      Hapus