Kelemahan Kurikulum 2013

Kurikulum 2013

Menurut agenda yang telah direncanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, bahwa Kurikulum 2013 akan dilaksanakan secara bertahab mulai tahun ini. Apakah kurikulum ini lebih baik dari kurikulun sebelumnya ?
Pemerintah sendiri sudah memberi statemen bahwa kurikulum 2013 ini adalah sebagai  penyempurnaan pelaksanaan kurikulum tahun sebelumnya (* Kurikulum KTSP ).

Kelemahan kurikulum 2013

Dari berbagai pendapat yang dilontarkan oleh para pakar pendidikan,  Kenyataanya  Kurukulum 2013 mempunyai beberapa kelemahan.
Diantaranya adalah :
 1. Kurikulum 2013 pada dasarnya tidak sesuai dengan Undang Undang  Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, karena penekanan pengembangan kurikulum  hanya didasasarkan oleh orientasi pragmatis semata, sehingga pelaksanaanya nanti bisa membingungka n bagi guru, sebagai pemangku utama pendidikan.
2. Kurikulun 2013 diberlakukan tanpa adanya evaluasi yang mendalam terhadap pelaksanaan kurikulum sebelumnya (* dipaksakan )
3. Pemerintah seolah olah memandang guru dan siswa di seluruh wiyayah NKRI mempunyai kapasitas yang sama, tanpa melihat kenyataan langsung di lapangan , yang ternyata masih terjadi perbedadan yang mencolok antara daerah satu dengan daerah yang lainya.
4. Pengintegrasian  mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Bahasa Indonesia untuk jenjang pendidikan dasar,yang pada kenyataanya mata pelajaran tersebut mempunyai rumpun khas masing - masing dan berbeda yang satu dengan yang lainya
(*Dari berbagai sumber. )

3 Coment: